Jantung Berdebar Gejala Penyakit Jantung?



Tanpa dirasakan, jantung Kalian berdetak tiap saat. Namun ada kalanya Kalian mencicipi jantung Kalian berdebar kencang. Hati-hati, situasi yg umumnya termasuk normal ini kadang bisa juga menjadi gejala penyakit serius.


Jantung berdebar alias palpitasi merupakan sensasi saat jantung Kalian terasa berdegup dengan kencang. Memang pada keadaan tertentu, jantung berdebar bisa menjadi tanda penyakit jantung. Namun dengan cara umum jantung berdebar tidaklah berbahaya dan hanya terjadi sesekali sebab sebuah sebab.


Pemicu Jantung Berdebar

Jantung berdebar bisa diakibatkan oleh tak sedikit hal, mulai dari penyebab yg sederhana dan sering tak disadari sampai penyebab yg berbahaya. Berikut merupakan hal-hal yg bisa menyebabkan jantung berdebar.


Gaya hidup

Ketika Kalian sedang merasa cemas, sangat gembira, berolahraga intensif, alias dalam situasi terburu-buru, hormon adrenalin akan terlepas dari tubuh dan membikin jantung berdebar. Kesukaan mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu, merokok, mengonsumsi minuman keras alias minuman berkafein juga bisa menyebabkan jantung berdebar.


Kondisi kesehatan

Kondisi-kondisi tubuh berikut bisa memicu jantung berdebar:


Anemia

Kelenjar tiroid yg terlalu aktif (hipertiroidisme)

Dehidrasi

Kadar gula darah yg rendah

Tekanan darah rendah (hipotensi ortostatik)

Demam

Gangguan pada jantung, semacam gangguan irama jantung alias aritmia, dan kelainan katup jantung

Gangguan elektrolit

Serangan panik

Serangan panik membikin Kalian mencicipi jantung berdebar diiringi perasaan cemas yg luar biasa, stres, takut, mual, dan gemetar. Terkadang juga disertai keringat dingin.


Perubahan hormon pada wanita

Perubahan kadar hormon pada masa kehamilan, menstruasi, dan menopause juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Kondisi ini umumnya tak berbahaya dan hanya bersifat sementara.


Konsumsi obat-obatan

Kadang kala mengonsumsi obat-obatan tertentu, semacam obat tekanan darah tinggi dan berbagai tipe antibiotik, bisa menyebabkan jantung berdebar. Obat-obatan yg bisa menyebabkan jantung berdebar, antara lain obat bronkodilator untuk asma, antihistamin, obat untuk menangani gangguan tiroid, dan obat batuk yg mengandung stimulan pseudoephedrine.


Jantung berdebar yg tak dikarenakan oleh penyakit jantung berisiko kecil menyebabkan komplikasi. Namun apabila keadaan ini diakibatkan oleh gangguan pada organ jantung, jadi jantung berdebar bisa menyebabkan komplikasi semacam pingsan dengan cara tiba-tiba, stroke, gagal jantung, bahkan henti jantung.


Meredakan Jantung Berdebar

Pada umumnya jantung berdebar tak memerlukan penanganan khusus apabila hanya terjadi sesekali dan bersifat sementara tanpa disertai keluhan lainnya. Namun Kalian butuh berhati-hati apabila keadaan ini tak jarang terjadi tanpa pemicu yg terang alias apabila Kalian mempunyai riwayat penyakit jantung. Segera periksakan diri ke dokter apabila jantung berdebar diiringi pusing, nyeri dada, asma yg parah, alias pingsan.


Apabila jantung berdebar dikarenakan oleh penyakit tertentu, dokter akan menunjukkan obat-obatan untuk menanggulangi penyakit penyebabnya. Namun, tak ada obat-obatan khusus untuk menangani jantung berdebar yg bukan dikarenakan oleh penyakit. Yang bisa Kalian perbuat merupakan menghindari hal-hal yg menjadi pemicu keadaan tersebut.


Berikut ini berbagai tutorial sederhana yg bisa Kalian perbuat untuk mengurangi jantung berdebar:


Menghindari hal pemicu, semacam nikotin dalam rokok, minuman berkafein, minuman berenergi, alias obat-obatan yg bisa memicu gejala. Diskusikan dengan dokter apabila obat yg Kalian konsumsi memunculkan keluhan jantung berdebar.

Meredakan kecemasan dan stres dengan metode relaksasi semacam yoga, meditasi, olah pernapasan, alias aromaterapi.

Hindari konsumsi narkoba, semacam kokain yg berisiko memicu jantung berdebar.

Cara yg bisa bersi kukuh dalam jangka panjang untuk menghindari jantung berdebar merupakan menerapkan gaya nasib sehat dan sebisa mungkin menghindari stres berlebihan.


Periksakan diri ke dokter apabila frekuensi jantung berdebar dirasa telah di luar batas normal, tak ada penyebab yg jelas, alias apabila Kalian mempunyai hal risiko penyakit jantung, semacam obesitas alias kebiasaan merokok.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jantung Berdebar Gejala Penyakit Jantung?"

Posting Komentar