Jangan Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan


 

Air tebu kerap dikonsumsi sebagai minuman untuk mengusir rasa haus di tengah cuaca panas. Tak hanya nikmat dan menyegarkan, kegunaaan air tebu bagi kesehatan juga tidaklah sedikit. Mau tahu apa saja manfaatnya? Baca postingan berikut.


Air tebu merupakan minuman yg diperoleh dari perasan batang tebu. Pengolahan umumnya dilakukan dengan tutorial yg sederhana, jadi kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Saat mengonsumsi air tebu, Kalian juga bisa menambahkan perasan lemon supaya terasa lebih segar.


Jangan Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan - Alodokter


Beragam Nutrisi yg Terkandung dalam Air Tebu

Di dalam 100 ml air tebu, terkandung kurang lebih 80 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:


Karbohidrat

Gula, yaitu sukrosa dan fruktosa

Protein

Kalsium

Kalium

Magnesium

Zat besi

Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, dan beragam antioksidan, semacam polifenol, flavonoid, dan karotenoid.


Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yg beragam, ada sejumlah kegunaaan yg bisa Kalian peroleh dari air tebu. Berikut ini merupakan berbagai kegunaaan air tebu untuk kesehatan:


1. Meningkatkan energi

Air tebu merupakan salah satu sumber gula dan karbohidrat terbaik. Kandungan gula alamiah sukrosa dan fruktosa dalam air tebu bisa menghasilkan energi bagi tubuh, jadi Kalian bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, air tebu juga bisa mencegah dehidrasi.


Oleh sebab itu, air tebu tepat diminum ketika sedang kelelahan alias seusai berolahraga supaya tubuh bisa kembali segar.


2. Menangkal efek radikal bebas

Air tebu merupakan salah satu minuman yg kaya akan antioksidan. Kandungan ini diketahui sanggup melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal leluasa yg bisa memicu beragam penyakit, umpama kanker.


Namun, Kalian disarankan untuk tak terlalu tak sedikit mengonsumsi air tebu, sebab minuman ini mengandung tak sedikit gula.


3. Melancarkan sistem pencernaan

Tebu mengandung serat yg baik untuk melancarkan pencernaan. Serat pangan pada tebu diketahui baik untuk menanggulangi gangguan pencernaan, semacam sembelit. Oleh sebab itu, untuk memperoleh kegunaaan air tebu yg satu ini, Kalian bisa menambahkan sedikit ampas tebu ke dalam air tebu ketika mengonsumsinya.


4. Memelihara kesehatan hati

Di berbagai negara, semacam India, air tebu sudah lama dipakai sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gangguan kegunaaan hati.


Tak hanya itu, suatu penelitian juga menyebutkan bahwa air tebu bisa mencegah kerusakan hati yg dikarenakan oleh efek samping penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, umpama pengobatan tuberkulosis.


Meski demikian, kegunaaan air tebu untuk mengobati penyakit hati tetap butuh diteliti lebih lanjut, sebab efektivitasnya belum bisa dipastikan.


5. Menjaga kegunaaan ginjal

Bukan hanya menjaga kesehatan hati, konsumsi air tebu dengan cara teratur juga diyakini bisa menjaga ginjal tetap sehat dan bisa bertujuan dengan baik. Air tebu bersifat diuretik, jadi sanggup melancarkan buang air kecil dan menolong mencegah infeksi saluran kemih.


6. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian memberikan bahwa ekstrak air tebu mengandung antioksidan dan zat antikanker yg bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, umpama kanker prostat dan kanker payudara. Meski demikian, studi tentang kegunaaan air tebu untuk mencegah kanker tetap sangat terbatas.


Air tebu terbukti mempunyai beragam manfaat, melainkan Kalian disarankan untuk tak mengonsumsinya berlebihan. Konsumsi air tebu juga butuh dibatasi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalam air tebu lumayan tinggi, jadi bisa menaikkan kadar gula darah dengan cara signifikan.


Konsumsi air tebu umumnya baik dan sehat kalau Kalian sedang memperlukan energi tambahan, umpama ketika berolahraga alias sedang menjalani aktivitas fisik yg berat.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Dilewatkan, Ini 6 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan"

Posting Komentar