Rebusan Air Daun Sirsak Sebagai Obat Darah Tinggi




Daun Sirsak Mencegah Pembentukan Plak Di Pembuluh Darah. Pembuluh darah terdiri atas beberapa lapisan dengan fungsi beragam. Baik sebagai pelindung, jaringan elastis, dan jaringan licin yang berfungsi melancarkan peredaran darah. Endotelium adalah lapisan terdalam dari saluran darah berfungsi menjaga arteri tetap kencang dan mulus, sehingga peredaran darah tetap lancar. Penumpukan plak di pembuluh darah alias ateros klerosis membawa banyak masalah kesehatan.
Plak yang makin menebal akhirnya mengganggu aliran darah, dan memaksa jantung memompa lebih keras. Efeknya tekanan darah meningkat – kondisi yang disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Hipertensi membawa banyak masalah kesehatan. Gangguan ringan antara lain ; kesemutan, sakit kepala / migraine, dan pandangan berkunang-kunang. Sementara gangguan serius akibat darah tinggi pun beragam, al ; jantung coroner (serangan jantung), stroke, dan kerusakan kapiler darah di organ penting seperti ginjal dan hati.
Aterosklerosis Penyebab Kematian Tertinggi Didunia
Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 20011 menunjukan masalah pembuluh darah menjadi penyebab kematian nomor satu. Sementara data dari Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada tahun 2013 menyatakan pravelensi penyakit jantung di Indonesia sebesar 1,5 %. Tertinggi pada kelompok usia 65-74 tahun, dan jeni kelamin Perempuan.
Menurut dr. Ika Prasetya Wijaya, SpPD-KKV, FINASIM, spesialis penyakit dalam di rumah sakit Umum Pusat dr. Cipto Mangun Kusumo, dalam jangka panjang hipertensi akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Penyebab lain kerusakan pembuluh darah antara lain gula darah tinggi, infeksi, dan trauma akibat benturan. Menurut dr. Ika olahraga yang teratur dapat mencegah aterosklerosis.
‘’Olahraga memperkuat dinding pembuluh darah dan membuat cadangan kolesterol terpakai sehingga tidak terbentuk timbunan/ plak’’. Kata Ika.

Daun Sirsak Pembersih Arteri

Sejatinya ada jamu yang murah, mudah diperoleh, dan manjur untuk mengatasi aterosklerosis. Riset Reinaldo Maramis, Marie Kaseke, GN. Tanudjadja dari fakultas kedokteran Sam Ratulangi membuktikan daun sirsak mengandung anti oksidan yang berefek antiaterogenik alias mencegah dan mengatasi pembentukan plak di dinding pembuluh darah.
Reinaldo dan rekan-rekannya mengunakan 16 tikus wistar sebagai subjek penelitian sebagai subjek penelitian yang diberi perlakuan diet lemak babidan ekxtrak daun sirsak. Lemak babi tinggi asam lemak jenuh yang meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan hight density lipo protein (HDL) atau kolesterol baik sehingga meningkatkan resiko aterosklerosis. HDL adalah lipo protein yang berfungsi mengangkut kolesterol dari sel kembali kehati.
Konsumsi lemak jenuh meningkatkan kadar Low  Density Lipoprotein (LDL) dan menyebabkan gangguan fungsi endotel (lapisan sel gepeng yg melapisi permukaan di pembuluh darah, pembuluh limfa, dan rongga tubuh).

Uji Klinis Keampuhan Daun Sirsak

Reinaldo membagi tikus menjadi 4 kelompok, yaitu control negative (tanpa perlakuan), kontrol positif (memperoleh asupan 3 ml lemak babi selama 14 hari). Perlakuan 1 (asupan 2 ml lemak babi dengan 0,3 ekstrak daun sirsak selama 14 hari).  Dan perlakuan 2 (asupan 2 ml lemak babi selama 14 hari dilanjutkan dengan 0,3 ml ekstrak daun sirsak selama 14 hari)
Setelah perlakuan kelompok negatif mengalami penimbuanan lemak di tunika intima dan tunika media. Tunika intima adalah lapisan dalam berupa tabung endotel yang terdiri atas sel-sel gepeng dengan sumbu panjang teroerientasi memanjang. Adapun tumika media adalah lapisan tengah terdiri atas sel-sel otot polos yang terorientasi melingkar dan merupakan lapisan paling tebal dalam arteri.
Penimbunan itu mungkin dipicu oleh pemberian pellet ketika proses adaptasi selama 2 pekan. Pellet meningkatkan kolesterol LDL dalam darah. Sementara kelompok control positif mengalami pembentuka sel busa yang terlihat pada tunika intima sampai ke tunika media. Sel busa adalah makrofag yang menangkap LDL oksidasi secara terus-menerus. Itu adalah efek konsumsi lemak babi berlebih yang memicu hiperlipidimia dan  meningkatkan kadar LDL.
Makrofag adalah salah satu sel darah putih yang membersihkan tubuh dari partikel mikroskopis yang tidak diinginkan. Sebaliknya kelompok perlakuan 1 dan 2 tidak menunjukkan pembentuka sel busa. Itu membuktikan daun sirsak bersifat anti pembentukan plak.

Senyawa Flavonoid Dan Vit C

Dalam laporannya Reinaldo menduga lantaran kandungan flavonoid dan vitamin C. ‘’flavonoid’’ merupakan senyawa metabolic skunder yang termasuk senyawa fenolik alam, berpotensi sebagai anti oksidan dan mempunyai bioaktivitas sebagai obat. Sementara Vitamin C meningkatkan laju pembentukan asam empedu, meningkatkan kadar HDL, dan menurunkan penyerapan kembali asam empedu serta konversinya menjadi kolesterol.
Vitamin C juga menguatkan dinding dan mencegah kerusakan arteri. Riset Reinaldo membuktikan efektivitas perpaduan kedua zat itu dalam mencegah aterosklerosis.
Ujang Edi Herbalis dari Ciherangpondok kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, juga memanfaatkan daun sirsak untuk mengatasi gejala aterosklerosis seperti darah tinggi, kadar gula tinggi.

Dosis Dan Cara Meramu Daun Sirsak

Khasiat Air Rebusan Daun Sirsak
Caranya dengan merebus 20 pucuk daun sirsak kering kedalam 0.5 liter air hingga airnya tersisa setengahnya. Air rebusan itu diminum 3 x sehari, masing-masing sebanyak 1 cangkir. Ujang mengingatkan agar menggunakan daun sirsak kering. ‘’Kandungan daun sirsak segar terlalu tinggi sehingga harus direbus 2 x agar dosisnya berkurang’’. Kata Ujang.
Untuk mendeteksi kehadiran plak dr. Ika menganjurkan supaya sering-sering mengontrol tekanan darah dan kadar gula darah. Jika gejala aterosklerosis terdiagnosis, olahraga dan pengendalian tekanan darah serta kadar gula darah dapat menormalkan gejala itu dalam 1,5-2 bulan.
Jika selepas itu kadar kolesterol belum normal diangka 130 mg/dl, upaya pengendalian itu perlu didampingi tindakan medis. Biasanya dokter akan meresepkan obat golongan statin untuk menurunkan kadar LDL darah. Alternatifnya meminum ekstrak daun sirsak yang khasiatnya dibuktikan oleh dr. Reinaldo. (MS)

Pencarian Terbaru:

  • daun sirsak untuk darah tinggi
  • daun sirsak fakultas kedokteran
  • daun sirsak buat hipertensi
  • daun sirsak bt hipertensi
  • daun sirsak bagi hip
  • cara meramu daun sirsak untuk darah tinggi
  • cara mengobati darah tinggi dengan daun sirsak
  • bisakah daun sirsat menurunkan tekanan
  • apakah kasiat daun sirsak untk darting dan jantung
  • apakah daun sirsak menurunkan tekanan darah tinggi
Itulah manfaat daun sirsak. ttd

Salam sehat,,,

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rebusan Air Daun Sirsak Sebagai Obat Darah Tinggi"

Posting Komentar