Atasi Diabetes Militus Dengan Obat Tradisional.




Selain menggunakan obat medis, banyak orang yang juga mengonsumsi obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita. Pada dasarnya, ada banyak sekali tanaman obat diabetes yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah pasien.

Setidaknya terdapat sekitar 7000-an jenis tanaman di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional dan bahan baku farmasi.

Namun, sayangnya kesemuanya itu belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal berbagai jenis penyakit bisa diobati dengan obat tradisional termasuk diabetes melitus.

Pengobatan berbahan alami untuk menyembuhkan diabetes bekerja dengan cara menurunkan kadar gula dan memperbaiki fungsi pankreas hingga kembali normal. Mengonsumsi obat tradisional dapat menyembuhkan diabetes melitus secara total meski membutuhkan waktu dan ketekunan.
Jenis Tanaman Obat Diabetes Melitus

Berikut ini tanaman obat diabetes yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mengembalikan fungsi pankreas tubuh.

1. Brotowali

Brotowali menyembuhkan diabetes secara alami

Batang brotowali adalah salah satu tanaman obat diabetes melitus yang sangat ampuh menstabilkan kadar gula darah. Brotowali memiliki rasa yang sangat pahit namun bersifat menyejukkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa air ekstrak batang brotowali memiliki efek hipoglikemik, yaitu menurunkan gula darah.

Penurunan gula darah mulai terlihat sekitar 2-3 jam setelah minum ekstrak air batang brotowali. Cara memanfaatkan brotowali sebagai obat diabetes, yaitu :
Cuci lalu potong-potong 6 cm batang brotowali
Tambahkan 1/3 genggam daun sambiloto dan 1/3 daun kumis kucing
Rebus dengan 3 gelas sampai menjadi dua gelas
Diminum setelah makan

2. Lidah buaya
Lidah buaya menurunkan gula darah

Lidah buaya punya segudang manfaat, salah satunya menurunkan kadar gula bahkan menyembuhkan diabetes. Penggunaannya cukup mudah, yaitu :
Cuci bersih 1 batang lidah buaya dicuci bersih,
Buang durinya lalu dipotong-potong
Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air hingga menjadi satu setengah gelas.
Minum 3×1,5 gelas setiap habis makan

Lidah buaya banyak digunakan di masyarakat yang sulit mengakses rumah sakit sebagai tanaman obat diabetes.

3. Teh hijau
Teh hijau mengobati diabetes tipe 2

Tak hanya bermanfaat untuk merawat kecantikan, teh hijau juga baik menurunkan kadar gula darah bahkan menyembuhkan diabetes melitus sampai tuntas.

Kandungan polifenol dalam teh hijau, berperan meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Hiroshi Tsuneki dkk, merupakan orang yang pernah meneliti efek teh hijau dan diterbitkan dalam jurnal BMC Pharmacology tahun 2004.

Mengkonsumsi teh hijau secara rutin, mampu menstabilkan gula darah dan memperbaiki fungsi pankreas untuk memproduksi insulin.

4. Biji Alpukat
Biji alpukat, tanaman obat diabetes melitus

Unsur asam lemak tak jenuh pada biji alpukat, ternyata mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, seperti pada penyakit diabetes. Asam lemak tak jenuh, merupakan komponen penting untuk mengelola kadar gula darah.

Cara membuat minuman sari biji alpokat untuk obat diabetes adalah sebagai berikut:
Panggang 1 biji alpukat di atas api kurang lebih 5 menit, hingga menjadi lunak
Potong kecil-kecil biji alpukat, lalu masukkan ke dalam 2 gelas air
Rebus hingga airnya menjadi berwarna coklat
Dinginkan, saring dan minum
Lakukan secara rutin sampai kesembuhan mulai dirasakan

5. Kayu Manis


Kayu manis adalah salah satu tanaman obat diabetes yang sangat baik bagi tubuh pasien. Bagi penderita diabetes tipe 2, kayu manis berkhasiat untuk membantu tubuh mereka merespon insulin, hingga kadar gula darah mereka menjadi normal.

Cara mengolah kayu manis sangat mudah, yaitu :
Konsumsi secara teratur 1 1/2 sendok teh bubuk kayu manis per hari.
Agar lebih mudah, taburkan pada oatmeal, sereal atau tambahkan sejumput kecil untuk teh atau kopi.

6. Bawang Merah
Bawang merah mengurangi gula darah

Bawang merah mengandung quercetin, zat yang membantu mengurangi gula darah. Bawang juga bisa mencegah retinopati yang menyertai diabetes pada stadium akhir. Di samping itu, kandungan glukonin memiliki kemampuan yang sama dengan insulin untuk mengatur penyimpanan gula.

Caranya mengolahnya sebagai berikut :
Masak bawang merah hingga berbentuk seperti gel
Saring dan konsumsi ramuan tersebut

Selain itu, bisa menambahkan sedikit minyak bawang pada minuman kelabat. Minumlah di pagi hari, pada saat perut kosong.

7. Air Tebu


Pada umumnya penderita diabetes akan menghindari makanan dan minuman manis karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Tetapi air tebu memiliki efek yang sebaliknya. Meskipun sangat manis, air tebu bahkan dapat menurunkan gula darah.

Efek anti diabetic pada air perasan tebu, bila diminum mampu mengatasi diabetes. Air tebu mengandung sakaran, senyawa anti diabetik. Air tebu baru berbahaya ketika tela diolah menjadi gula pasir.

8. Mahkota Dewa
Mahkota dewa menormalkan gula darah

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman obat diabetes yang telah dikenal sejak lama dapat mengurangi gejala-gejala tidak mengenakkan yang dialami penderita.

Mahkota dewa mengandung senyawa anti radang yang bisa diracik menjadi obat diabetes. Ramuannya bisa dibuat sendiri di rumah, yaitu :
Siapkan 5-7 iris buah mahkota dewa
Seduh dengan satu gelas air panas (200 cc)
Tutup dan biarkan sebentar agar larut
Minum secukupnya.

9. Daun Kelor
Obat tradisional daun kelor mengatasi diabetes

Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa daun kelor terbukti ampuh mengatasi diabetes, membantu penyembuhan radang sendi, memperbaiki nafsu makan dan mengandung nutrisi lengkap yang jarang dimiliki tanaman lain.

Dari hasil penelitian di Jhunjhunwala College, Mumbai India, ditemukan bahwa daun kelor memberikan efek signifikan untuk mengatasi diabetes.

Cara membuatnya cukup mudah:
Rebus segenggam daun kelor dalam 3 gelas air hingga mendidih, dan tersisa 1 gelas.
Air rebusan daun kelor diminum 3 kali sehari.

10. Daun Sirsak
Daun sirsak adalah salah satu jenis obat alami yang dapat menyembuhkan diabetes. Daun sirsak mengandung protein, fruktosa, Vitamin A, dan kalsium yang semuanya bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya mudah, yaitu :
Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas
Segera konsumsi daun sirsak tersebut secara rutin 2 kali sehari, pagi dan sore.

Diabetes Melitus adalah penyakit gaya hidup yang tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol. Caranya dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengendalikan gula darahnya.

Tanaman di atas adalah obat tradisional yang dapat menurunkan kadar gula darah pasien diabetes. Beruntunglah kita di Indonesia, karena tanaman obat tersebut sangat mudah didapatkan dimana-mana. ttd

Salam sehat,,,

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Diabetes Militus Dengan Obat Tradisional."

Posting Komentar